DEKLARASI STOCKHOLM TAHUN 1972 PDF

  • February 5, 2020

Abstrak. Dekade setelah Deklarasi Stockholm tahun dan kemudian Rio de Jenairo pada tahun dapat dikatakan sebagai titik awal. Reaffirming the Declaration of the United Nations Conference on the Human Environment, adopted at Stockholm on 16 June , and seeking to build upon it. Deklarasi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Akibat Padahal, 20 tahun sebelumnya, istilah lingkungan hidup itu sendiri belum begitu dikenal Lingkungan Hidup Sedunia I di Stockholm, Swedia pada bulan Juni

Author: Murg Yozshulkree
Country: Estonia
Language: English (Spanish)
Genre: Sex
Published (Last): 7 January 2010
Pages: 69
PDF File Size: 14.65 Mb
ePub File Size: 6.35 Mb
ISBN: 366-6-67131-507-4
Downloads: 16712
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Maujar

Peningkatan kualitas sumber daya manusia ini tidak hanya terbatas pada aparat lembaga pemikir dan pengelola lingkungan, melainkan juga kepada aparat pendidik bahkan LSM serta masyarakat luas. Keragaman ini juga akan memperkaya khazanah bagi pengelola lingkungan di tingkat pusat yang pada gilirannya berguna dalam pengembangan kebijaksanaan nasional pengelolaan lingkungan hidup.

Periode ini menandai daya tanggap dan cikal bakal bangkitnya kesadaran lingkungan Indonesia menyongsong konferensi Lingkungan Hidup Sedunia I di Stockholm, Swedia pada bulan Juniketika pembangunan nasional memasuki Pelita PertamaIndonesia belum mengenal lembaga khusus yang menangani masalah lingkungan hidup. Jabatan Menteri dipegang oleh Prof. Pengelolaan lingkungan pada era Kabinet Indonesia Bersatu yang dimulai pada tahun menempatkan Ir.

Sarwono Kusumaatmadja sebagai menterinya. Berkenaan dengan itu, maka sasaran pembangunan lingkungan diarahkan pada: Jumlah penduduk yang meningkat memberikan tekanan yang lebih besar kepada sumber alam, salah satu dampaknya adalah kondisi kritis sumber daya air khususnya di pulau Jawa.

Agar pengelolaan lingkungan hidup lebih fokus, pada era ini kependudukan dikeluarkan dari lembaga pengelola lingkungan, dan atribut baru yang disandang adalah Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup.

Sejarah Kementerian Lingkungan Hidup. PSL juga banyak membantu di bidang penelitian. Alexander Sonny Keraf adalah: Karena itu pengelolaan lingkungan hidup dilakukan sedemikian rupa sehingga daya dukungnya dapat dipertahankan baik melalui pengaturan tata ruang, penerapan AMDAL.

  EVANGELIZACION LIBERADORA INTEGRAL PDF

Indonesia hadir sebagai peserta konferensi tersebut dan turut menandatangani kesepakatan untuk memperhatikan segi-segi lingkungan dalam pembangunan. Di samping jalur pendidikan formal, pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dilaksanakan melalui program TOT training of trainers bagi para dosen stochkolm perguruan tinggi negeri maupun swasta dengan tujuan menambah wawasan para dosen tersebut.

Demi mengejar perolehan twhun negara baik pada tingkat pusat maupun daerah, pada era itu pemanfaatan sumber daya alam cenderung kurang memperhatikan kaidah-kaidah pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Sejarah Kementerian Lingkungan Hidup : KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

Sebagai tindak lanjutnya, berdasarkan Keppres No. Kebijaksanaan dasar yang bertumpu pada pembangunan berkelanjutan ini akan tetap menjadi pegangan dalam pengelolaan lingkungan hidup pada Pelita VI dan pelita-pelita selanjutnya.

Hasil-hasil dari konferensi ini sangat menekankan perlunya konsep pembangunan berkelanjutan untuk menjamin pemanfaatan sumber daya alam tidak hanya untuk pembangunan di masa sekarang, melainkan juga untuk generasi yang akan datang.

Tiga tahun kemudian, Presiden mengeluarkan Keppres No. Sedangkan tugas pertamanya adalah mempersiapkan perumusan kebijaksanaan pemerintah mengenai pelaksanaan pengawasan pembangunan dan pengelolaan serta pengembangan lingkungan hidup. Bila lingkungan dan sumber daya alam tidak mendukung penduduk dan menunjang sumber daya manusia atau sebaliknya, maka pembangunan mungkin saja dapat berjalan, namun dengan risiko timbulnya taahun pada kualitas dan daya dukung lingkungan.

Penanganan masalah lingkungan hidup menuntut pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dellarasi teknologi pendukungnya. Sementara itu, perhatian terhadap lingkungan hidup dikalangan perguruan tinggi dirintis oleh Universitas Padjadjaran Bandung melalui pendirian Lembaga Ekologi pada tanggal 23 September Pembangunan hanya terlanjutkan dari generasi ke generasi apabila kebijaksanaan dalam menangani tiga bidang tersebut selalu dilakukan secara serasi menuju satu tujuan.

  F117 RC PLANE PDF

Ketika proses industrialisasi mulai dilaksanakan secara besar-besaran. Kementerian Lingkungan Hidup – Republik Indonesia.

Emil Salim diangkat kembali menjadi menterinya. Penyusunan SARLITA Daerah sektor lingkungan hidup dilakukan stoxkholm masing-masing provinsi sehingga diharapkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi setempat. Penduduk yang banyak tidak selamanya dapat dianggap sebagai beban.

Celebrating Indonesia: Fifty Years with the Ford Foundation, 1953-2003

Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup Masalah kependudukan dan lingkungan hidup cenderung menjadi makin deklraasi dan kompleks sejalan dengan makin pesatnya laju kegiatan pembangunan dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat khususnya pada pembangunan jangka panjang kedua PJP II. Sementara itu, aktifitas manusia menghasilkan limbah domestik, dan masalah ini mulai merambah perdesaan.

Pengembangan kelembagaan disertai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dilakukan melalui jalur pendidikan, khususnya pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, kursus-kursus dan pelatihan serta pengembanan sistem dan penyebaran informasi kependudukan dan lingkungan hidup. Dengan demikian perhatian terhadap masalah mulai nampak sebagaimana terlihat pada peraturan perundangan yang disusun beserta kebijaksanaan dan program sektoral yang dihasilkan selama periode tersebut.

Program ini telah menghasilkan 72 orang sarjana program Strata 2 Magister dan 9 orang dalam program Strata 3 Doktoral di bidang kependudukan dan non-kependudukan. Di lain pihak, adanya urgensi pemulihan ekonomi cenderung menjadi sumber permasalahan.

Demikian pula sebaliknya, lingkungan dituntut untuk selalu memiliki daya dukung bagi kehidupan. Namun demikian, dalam waktu yang pendek itu Indonesia telah banyak deklarazi untuk mulai mengelola lingkungan hidupnya. Sedangkan di bidang lingkungan hidup, telah dikeluarkan PP No.